160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Silent Walking: Tren Jalan Kaki Tanpa Distraksi yang Bikin Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat

750 x 100 AD PLACEMENT

KalselMedia – Belakangan ini, tren silent walking atau berjalan kaki tanpa distraksi menjadi populer di TikTok. Aktivitas ini ternyata membawa banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan mental. Apa itu silent walking? Ini adalah aktivitas berjalan kaki biasa, tetapi dilakukan tanpa gangguan atau distraksi dari musik, gawai, atau suara bising sekitar. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan damai.

Mengutip Today.com dan Forbes, silent walking memberi seseorang kesempatan untuk merenung dan berpikir lebih jernih. Berikut tiga manfaat utama dari tren silent walking yang tengah naik daun ini:

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak
    Penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Brain Structure and Function menunjukkan bahwa keheningan dapat mendorong neurogenesis, yaitu pembentukan sel-sel otak baru. Meski penelitian dilakukan pada tikus, temuan ini memberikan harapan bahwa keheningan bisa berdampak positif bagi otak manusia dalam menciptakan neuron baru.
  2. Mengurangi Stres
    Salah satu manfaat utama dari silent walking adalah kemampuan untuk menurunkan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Lalah Delia, penulis buku mindfulness Vibrate Higher Daily, menjelaskan bahwa berjalan dalam keheningan memungkinkan pikiran beristirahat dan fokus dengan cara yang berbeda, mirip dengan meditasi.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Menurut dr Suzanne Hackenmiller, praktik mindfulness seperti silent walking dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kadar glukosa. Studi terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari, lima kali seminggu, memiliki 43% lebih sedikit hari sakit dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, silent walking menjadi cara sederhana namun efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran di tengah kesibukan sehari-hari.

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Might Also Like
930 x 180 AD PLACEMENT